Andai Saya Menjadi Kepala Jurusan

Sebagai penghuni jurusan sistem informasi ITS, pastinya kita seringkali menemui gangguan - gangguan kecil, yang mungkin sepele, namun sangat mengganggu kenyamanan bersama. Mulai dari colokan kabel yang kendor, kamar mandi yang kurang terawat dan tumpukan sampah di halaman belakang kelas yang tidak terlihat. Colokan yang longgar misalnya, akan mengganggu sekali apabila kita sudah menancapkan charger laptop namun tidak terisi dan tiba - tiba laptop kita mati padahal kita sudah menancapkan charger, menyebalkan bukan?

Kamar mandi yang kurang terawat juga menjadi hal yang menjengkelkan. Di beberapa kamar mandi laki - laki terdapat pintu yang tidak bisa ditutup. Ada pula kamar mandi yang instalasi airnya terganggu sehingga air tidak dapat mengalir. Didapati juga wc yang sedikit kumuh dan mampat. Apa kondisi yang seperti ini harus tetap dibiarkan?



Saya juga mendapati bahwa masih banyak tumpukan sampah yang mungkin sengaja dibiarkan karena tidak terlihat oleh orang banyak. Tumpukan sampah tersebut tepatnya berada di belakang ruangan TC 107 dan 108. Di sanalah sampah menggunung dan banyak sampah plastik serta pecahan kaca dibiarkan begitu saja. Padahal, sampah yang menumpuk dan genangan air akibat sampah dapat menjadi sarang nyamuk dan tikus. Apa dengan begini tidak mempengaruhi kondisi kesehatan penghuni jurusan sistem informasi?

Ironisnya, fakta menunjukkan bahwa selama ini belum ada orang yang berupaya untuk melakukan perubahan - perubahan kecil untuk Jurusan Sistem Informasi namun berdampak luar biasa. Para pengurus jurusan sistem informasi kita selama ini hanya berkutat di bidang prestasi dan hal - hal yang tampak di hadapan publik saja. Prestasi memang penting, tapi alangkah baiknya bila kita tidak melupakan hal - hal kecil yang penting.

Untuk itu, bila saya menjadi kepala jurusan, yang pertama saya lakukan adalah membenahi semua masalah kecil yang saya sebutkan tadi. Bayangkan apabila seluruh kamar mandi di sistem informasi kita seindah kamar mandi hotel. Bayangkan apabila tidak ada nyamuk dan tikus saat kita mengerjakan tugas hingga larut malam di SI. Bayangkan apabila kita tidak mendapat gangguan dari charger yang kendor sama sekali. Kondisi perkuliahan akan lebih nyaman tentunya.

Hal Kedua yang akan saya lakukan adalah mentreatment mahasiswa seperti layaknya teman. Rasa hormat memang penting, namun menjalin keakraban dan silaturahmi jugalah penting. Jadi yang akan saya lakukan adalah membentuk sistem perkuliahan di mana dosen dan mahasiswa dapat saling berinteraksi dan belajar bersama selayaknya seorang sahabat. Dosen bukan hanya menjadi guru namun juga sahabat dalam mengembangkan potensi untuk meraih prestasi.

Dan terakhir yang akan saya lakukan adalah mendirikan photocopy dan jasa print di dalam jurusan. Sekarang belum ada tempat untuk memfotokopi tugas atau mengeprint laporan di dalam jurusan sistem informasi ITS tercinta. Di LPSI memang tersedia fasilitas untuk mengeprin, namun LPSI seringkali dipakai praktikum sehingga mahasiswa sungkan untuk mengeprin tugas mereka di LPSI.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua.
coba juga disimak artikel : bank mandiri bank terbaik di Indonesia

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bahasa Paling Aneh Sedunia, Bahasa Indonesia

Soto, Makanan dari China yang Sangat Indonesia

"Golden Child" Generasi Baru Manusia Selain Indigo