Donat Nikmat Indonesia, JCO Diplagiat oleh Malaysia

J.CO, Siapa yang tidak kenal dengan donat J.CO? Donat yang sangat nikmat ini kini menjadi kebanggan Indonesia. Tidak hanya karena rasanya yang unik, konsep cafe J.CO pun kini telah menjadi gaya hidup di daerah perkotaan.

Sayangnya, di tengah segala kebaikan J.CO saya mendapati sebuah kabar buruk. Menurut sumber yang saya dapat, Big Apple Donuts & Cofee memplagiat pihak J.co Donuts & Coffee, baik dari segi logo, kemasan, maupun jenis produk yang dipasarkan. 

Berikut adalah perbandingan logo J.co Donuts & Coffee dan Big Apple Donuts & Coffee.

Berikut ini adalah perbandingan kemasan J.co Donuts & Coffee dan Big Apple Donuts & Coffee



Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwa, Big Apple Donuts meniru J.Co Donuts hampir dari segala aspek. Perbedaannya hanya dalam nama produk dan toko dan desain logo yang sedikit berbeda. Menurut hasil skripsi Abdul Ghofur seorang mahasiswa Universitas Negeri Malang, produk baru lumrah bila meniru nama atau logo dari market leader. Hal ini terjadi karena konsumen sudah familiar dengan produk dari market leader tersebut sehingga bila ada produk baru dengan nama yang mirip dengan market leader, konsumen akan berinterpretasi bahwa produk yang mirip market leader mempunyai kualitas yang mirip juga denganmarket leader. Begitu juga dalam hal kemasan, bila produk baru memiliki kemasan yang mirip dengan produk market leader, konsumen secara sekilas akan berpendapat bahwa produk tersebut memiliki kualitas yang sebanding. Dalam kasus ini, J.Co sebagai market leader luxury donut di Asia Tenggara diplagiat secara konsep dan kemasan oleh Big Apple Donuts & Cofee yang merupakan produk baru luxury donut di Asia Tenggara. Hal tersebut menunjukkan bahwa Indonesia bisa menciptakan brand yang luar biasa hingga ditiru oleh market competitor dari negara lain. Terimakasih semoga bermanfaat.

Sumber : 

Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Paling Aneh Sedunia, Bahasa Indonesia

"Golden Child" Generasi Baru Manusia Selain Indigo

Soto, Makanan dari China yang Sangat Indonesia