Gemastik 2011, Event Luar Biasa Pembawa Perubahan


Gemastik 2011 atau Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi danKomunikasi Tahun 2011, merupakan program Direktorat Penilitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.
Gemastik adalah pergelaran berbagai kegiatan mahasiswa tingkat sarjana dan diploma dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia dalam bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Kegiatan ini dapat berlangsung atas kerjasama Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember,Surabaya sebagai tuan rumah Gemastik 2011.
Peringkat Perguruan Tinggi Gemastik 2011
Peringkat
Nama Perguruan Tinggi
Emas
Perak
Perunggu
1
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
4
3
3
2
Universitas Indonesia
3
1
0
3
Intitut Teknologi Bandung
2
2
3
4
Universitas Gadjah Mada
0
1
1
5
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
0
1
0
6
Politeknik Negeri Batam
0
1
0
7
Universitas Bina Nusantara
0
0
1
8
Institut Teknologi Telkom
0
0
1
Jumlah

9
9
9

Laporan Kegiatan Lomba Keamanan Jaringan


 
Lomba Keamanan Jaringan merupakan lomba yang menguji kemampuan peserta dalam hal pengamanan sistem komputer. Peserta akan berlomba dengan peserta lain dalam kemampuan mengkonfigurasi sistem yang aman dan tahan terhadap serangan, juga kemampuan dalam mengidentifikasi dan memanfaatkan kelemahan sistem lawan.
    
Lomba keamanan jaringan yang berlangsung di lt.1 Gedung Teknik Informatika ITS Surabaya ini dibagi oleh beberapa babak, yaitu :
1. Babak penyisihan
Babak penyisihan dari Lomba Keamanan Jaringan ini dibagi oleh 2 babak yaitu online test dan online hacking.
Online test. Para peserta lomba keamanan jaringan mengerjakan soal mengenai keamanan jaringan yang telah disediakan oleh panitia. Soal dikerjakan secara online oleh peserta.
Online hacking. Pada babak online hacking, para peserta diminta untuk membobol data dan akses dari server yang telah disediakan oleh panitia. Peserta yang dapat memasuki akses server tersebut akan mendapatkan poin.
2. Babak final
Babak final dari lomba keamanan jaringan ini diadakan di lt.1 Gedung Teknik Informatika ITS Surabaya. Babak final tersebut terdiri dari 2 babak yaitu simulasi hacking dan presentasi.
· Simulasi hacking. Peserta disediakan komputer berisi software – software pemrograman dan diminta untuk membobol akses server yang telah disediakan melalui software – software tersebut. Peserta yang berhasil mendapatkan data atau membobol akses dari server akan mendapatkan poin.
· Presentasi. Setelah peserta melakukan simulasi hacking, peserta diminta mempresentasikan teknik yang dipakai untuk membobol server. 

Data pemenang Lomba Keamanan Jaringan GEMASTIK 2011
Pemenang
Nama Tim
Asal Perguruan Tinggi
Nama Peserta
1
Bernard Bear


Institut Teknologi Sepuluh Nopember
-MOHAMMAD ARIF RASYIDI
2
Hexley


Institut Teknologi Bandung
- CHANDRA SATRIANA
- LUKMAN FIKRI SIREGAR
- JASON WIDAGDO
3
Code slayer

Institut Teknologi Telkom

- SABAM CHANDRA YOHANES HUTAURUK
- I PUTU ARIYASA
- AZWAR AL ANHAR

Dalam event Gemastik ini, kami berhasil mewawancarai salah satu peserta lomba keamanan jaringan yang merupakan perwakilan dari Institut Teknologi Telkom, Bandung. Tim dari IT Telkom berhasil mendapatkan juara 3 dalam lomba keamanan jaringan dan menjadi juara 8 dalam Gemastik 2011 dengan perolehan 1 medali perunggu.

Berikut adalah hasil wawancara dengan saudara Azwar Al Anhar perwakilan dari tim Code Slayer IT Telkom Bandung yang berhasil memperoleh juara 3 dalam lomba keamanan jaringan.
Saya : Bisakah anda ceritakan secara singkat mengenai tim anda?

Narasumber : Kami dari Institut Teknologi Telkom Bandung. Kebetulan kami mewakili IT Telkom dalam Lomba Keamanan Jaringan Gemastik 2011. Kami terdiri dari Sabam Chandra Yohanes Hutauruk, I Putu Ariyasa, dan saya sediri Azwar Al Anhar. Tim kami bernama Code Slayer. Code berarti code – code dalam coding sesuai dengan tema lomba kali ini yang berbasis coding. Slayer berarti pembantai. Filosofinya, tim kami dapat membantai server dan membobolnya melalui coding.

Saya : Apakah ada persiapan khusus dari IT Telkom dalam menghadapi Gemastik 2011?

Narasumber : Sebenarnya tidak ada persiapan khusus, hanya saja kami, Code Slayer, berlatih bersama serta membaca e-book mengenai hacking dan keamanan jaringan untuk persiapan Gemastik 2011.

Saya : Bagaimana suka duka dalam Gemastik 2011, apakah ada pengalaman yang tidak terlupakan?

Narasumber : Banyak sekali, suka duka yang kami alami, mulai dari e-book yang menggunakan bahasa inggris, bahasa yang digunakan cukup rumit sehingga kami harus berkali – kali membuka kamus, tapi kami puas dengan hasil perjuangan kami. Kerja keras kami terbayar dengan mendapatkan medali perunggu dalam lomba keamanan jaringan Gemastik 2011.

Saya : Apakah ada rencana untuk mengikuti event atau lomba mengenai keamanan jaringan setelah Gemastik 2011 ini?

Narasumber : Rencana pasti ada, tapi kami ingin fokus ke studi dahulu, kebetulan kami semua sudah memasuki tahun ketiga sehingga harus fokus kuliah agar dapat lulus dengan waktu yang diharapkan.

Saya : Bijak sekali pilihan anda. Terimakasih atas waktu dan kesediaannya, semoga studi anda lancar seperti yang anda harapkan.

Narasumber : Amin.

Comments

Popular posts from this blog

Soto, Makanan dari China yang Sangat Indonesia

Bahasa Paling Aneh Sedunia, Bahasa Indonesia

"Golden Child" Generasi Baru Manusia Selain Indigo