Nusantara Online, Game Online Pembangkit Nasionalisme


Sekarang ini, kita sedang hidup di era digital di mana semuanya dapat dilakukan secara online. Berbelanja, bercakap - cakap, mendengarkan musik, menonton film, semua dapat dilakukan secara online. Tidak terkecuali dengan bermain game. Selama ini game online yang beredar di Indonesia, mayoritas berasal dari Korea, Jepang, Eropa, atau Amerika Memang ada game online buatan Indonesia, namun biasanya hanya game flash berbasis web yang berupa minigame sederhana. Belum ada game yang benar - benar mampu membangkitkan jiwa nasionalisme anak muda Indonesia. 

Akhirnya, sebuah pengembang game lokal, crative lab PT Tele Nusantara Visi (Telegraph) mengembangkan Nusantara Online sebagai game online pertama bertema sejarah Indonesia. Game inilah yang diharapkan mampu membangkitkan jiwa nasionalisme warga Indonesia, khususnya anak muda yang notabene sudah apatis dengan bangsanya sendiri. Sebenarnya game ini sudah pernah diuji coba sebanyak 2 kali pada 2009 dan 2010. Namun ketika itu ditemukan banyak bug pada sistem sehingga pengembang harus memperbaikinya. Mereka juga kewalahan dengan jumlah pemain yg semakin banyak.

President Director Telegraph Heru Nugroho menjelaskan, ketika itu banyak pemain yang mengeluh ketika akan pindah peta, tiba-tiba permainan berhenti. Selain itu, saat game ditinggal sejenak, permainan putus. Kali ini, untuk ketiga kalinya Heru mempersilakan gamer untuk menjajal kembali kebolehan Nusantara Online versi beta melalui Nusantara Online selama 2 bulan. Nusantara online menawarkan jalur cerita kerajaan - kerajaan nusantara pada jaman kerajaan hindu - budha Indonesia seperti Majapahit dan Sriwijaya. Sejauh ini para pemain bisa memilih 3 pihak Kerajaan yaitu Majapahit, Sriwijaya, dan Padjajaran.

Cara memainkannya pun cukup sederhana. Pemain cukup membunuh karakter musuh yang disediakan game untuk mengumpulkan experience point. Experience point inilah yang berguna untuk meningkatkan level karakter sehingga menjadi semakin kuat. Jadi, selain bersaing untuk menjadi yang terkuat di dunia maya, kita juga mengenal lebih dalam budaya dan sejarah Indonesia yang luar biasa. Sungguh mengagumkan bukan? Berminat?



Berikut adalah triler dari Nusantara Online :

Tertarik untuk mencoba?
Silahkan mengujungi : http://nusol.web.id/

Sumber :

Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Paling Aneh Sedunia, Bahasa Indonesia

Soto, Makanan dari China yang Sangat Indonesia

"Golden Child" Generasi Baru Manusia Selain Indigo