Parkour, Seni Berpindah Tempat yang Mengagumkan

Apa itu Parkour?

Pakour? Apakah itu? Menurut pendirinya, parkour adalah l'art du deplacement yang berarti seni berpindah tempat. Parkour didirikan oleh David Belle, seorang veteran militer Prancis yang mendedikasikan hidupnya untuk seni berpindah tempat.Parkour mengunakan beberapa gerakan seperti berlari, memanjat, meloncat untuk melatih kemampuan manusia untuk melewati segala bentuk rintangan di berbagai situasi dan kondisi di lingkungan urban atau rural.Untuk berlatih parkour seorang tidak membutuhkan perlengkapan special. Hanya menggunakan sepatu lari, kaos, dan celana yang nyaman untuk lari. Parkour adalah cara hidup, cara belajar untuk menguasai kemampuan diri kita dan terus berkembang ke level fisik yang lebih sehat.


Filosofi dan nilai moral dalam Parkour

Parkour adalah suatu seni yang luar biasa. Ia dapat dilihat sebagai olahraga, dapat menjadi gaya hidup, dan dapat pula dilihat sebagai seni gerakan yang indah. Parkour sarat akan filosofi dan nilai moral. David Belle menganut paham bahwa parkour adalah olahraga yang anti kompetisi. Menurut David Belle, kompetisi hanya akan melahirkan 1 orang pemenang dan banyak pecundang.Beliau berharap bahwa semua traceur (praktisi parkour) dapat menjadi pemenang dan saling membantu dalam mengembangkan parkour di seluruh dunia. Parkour juga menyebarkan pesan damai dan kerendah hatian. Hal ini diajarkan sendiri oleh David Belle, beliau adalah pribadi yang mau mengajari langsung para traceur yang ingin mendalami parkour dengan cuma - cuma. Sungguh rendah hati sekali.



Pengembangan dan Penyebaran Parkour

Saat ini Parkour mulai dikenal di seluruh dunia termasuk di Indonesia sendiri. Perlahan-lahan beberapa traceur yang mengerti akan filosofi dan teknik dalam Parkour mulai bertambah. Berkat pembelajaran dari beberapa informasi yang benar mengenai originalitas tentang parkour dari sumber-sumber terpercaya, lambat laun Parkour menjadi sebuah kebutuhan dan disiplin dalam setiap traceur yang memiliki pemahaman dalam jiwanya masing-masing. Pengetahuan seperti inilah yang harus disebarkan ke masyarakat luar dan memberikan edukasi yang benar tentang Parkour mulai dari sejarah dan filosofi yang terkait di dalamnya.

Di Indonesia sendiri terdapat forum yang mewadahi traceour seluruh Indonesia yang bernama PKID. (ParKour InDonesia). PKID sendiri merupakan komunitas terbuka yang ramah terhadap siapa saja yang ingin bergabung dan mendalami parkour. Karena forum ini berdiri berdasarkan filosofi parkour yang anti kompetisi dan saling berbagi dalam mengembangkan parkour.




Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Paling Aneh Sedunia, Bahasa Indonesia

Soto, Makanan dari China yang Sangat Indonesia

"Golden Child" Generasi Baru Manusia Selain Indigo