Santa Clause, Hasil Strategi Marketing Coca - Cola


Santa Clause, ya santa clause siapa yang tidak kenal santa clause? Tahukah anda jika santa clause hanya tokoh fiksi karya ilustator bernama Haddon Sundblom yang menyukseskan marketing coca - cola? Sangat sedikit yang mengetahu hal ini. Dan tahukah bahwa sinterklas dan santa clause adalah sosok yang berbeda? Berikut ini saya akan memaparkan asal - usul kedua tokoh tersebut.

Sinterklas 

Sinterklas bernama asli Nikolas, lahir sekitar tahun 280M, di Turki, dari ayah seorang Arab. Santo Nikolas merupakan inspirasi utama figur orang kristen tentang Sinterklas. Nikolas adalah seorang uskup yang sangat terkenal akan kebaikannya memberi hadiah untuk orang miskin. Dia digambarkan berjanggut dengan jubah resmi sebagai uskup, lengkap dengan tongkatnya.

Pada cerita rakyat Belanda, Santo Nikolas alias Sinterklas ini dibantu oleh seorang budak Afrika yang disebtt Zwarte Piet (di sini dikenal sebagai Piet Hitam). Beberapa cerita melukiskan bahwa Piet Hitam akan memukul anak nakal dengan tongkat dan memasukkannya ke dalam karung. Gambar Sinterklas dan Piet Hitam seperti terlihat di samping (gambar diambil dari Wikipedia). 

Karena terkesan rasis, beberapa dasawarsa lalu cerita tentang Piet yang seorang budak Afrika ini diubah menjadi budak modern yang mempunyai muka hitam karena memanjat cerobong asap. 


Karena kedekatan histori antara Indonesia dan Belanda, maka dapat dimaklumi bahwa cerita rakyat Belanda ini-lah yang lebih tersohor di Indonesia. Padahal selain berdasarkan cerita rakyat Belanda, masih ada beberapa versi cerita Sinterklas, walau sumber inspirasinya tetap sama: Santo Nikolas. 


Akibat dari banyaknya versi dongeng tentang Sinterklas, sekali pun Sinterklas adalah cerminan seorang uskup gereja, Paus tidak yakin akan kebenarannya. Akibatnya, Vatikan menghapus nama Sinterklas dari kalender nama-nama orang suci. 


Santo Nikolas wafat pada tanggal 6 Desember. Di negara-negara Eropa, tanggal 6 Desember ini diperingati sebagai Hari Sinterklas. 


Santa Clause 
 
Walau Santa Claus adalah juga terinspirasi oleh Sinterklas, Santa Claus bukanlah Sinterklas. Santa Claus adalah tokoh ciptaan Public Relation Manager Coca-Cola! Public Manager Coca cola pada tahun 1920 menyewa seorang ilustrator bernama  Haddon Sundblom. Dengan misi untuk meningkatkan penjualan dari Coca-Cola di musim liburan, mereka menciptakan tokoh Santa Claus. 

Santa Claus di sini digambarkan sebagai seorang kakek baik hati yang berasal dari kutub utara. Berjanggut putih lebat juga. Berjubah merah dominan dengan selingan warna putih, namun bukan berjubah uskup dan juga tidak bertongkat. Inilah bedanya. Perbedaan lain yang sangat jelas terlihat adalah Santa Claus tidak ditemani oleh Piet Hitam. Ini karena alasan orang Amerika tak mau disebut rasis, jadi Santa Claus tidak ditemani oleh pembantunya yang berkulit hitam. 


Sebagai pelengkap cerita, Santa Claus diceritakan datang dari kutub utara dengan mengendarai kereta yang ditarik oleh beberapa ekor rusa. Sungguh karya yang luar biasa sehingga kini Santa Clause menjadi "icon" natal di seluruh dunia. Happy holiday, selamat menyambut hari raya Natal 2011 :D


coba juga disimak artikel : bank mandiri bank terbaik di Indonesia

Comments

Popular posts from this blog

Soto, Makanan dari China yang Sangat Indonesia

Bahasa Paling Aneh Sedunia, Bahasa Indonesia

"Golden Child" Generasi Baru Manusia Selain Indigo