Tertawa? Pentingkah?

Deadline tugas menumpuk, pengkaderan, kegiatan UKM, masalah dengan teman, patah hati, kamar kos bocor, sepeda motor mogok, itulah hal – hal sehari – hari yang sering kali menimpa mahasiswa. Padatnya kesibukan dan tugas membuat pikiran penat dan stress, terlebih lagi apabila banyak masalah berdatangan. Di tengah kesibukan dan masalah yang menerpa, sudahkah kita tertawa? Masihkah kita meluangkan waktu kita untuk tertawa?

Tertawa itu sangat penting. Seeprti yang dikutip dari Fox News, tertawa adalah aktivitas positif untuk kesehatan tubuh, pikiran, dan jiwa. Saat tertawa tak hanya otot – otot wajah yang ikut bergerak, tertawa juga meningkatkan denyut nadi dan melancarkan sirkukasi oksigen dalam tubuh. Ahli kesehatan, Dr Cynara Coomer menemukan lima alasan terbaik mengapa kita perlu sering-sering tertawa.


Tertawa untuk Kesehatan (Laugh is Healthy)
Mendengarkan lelucon lucu, menonton film komedi, atau melihat tingkah laku teman yang lucu pasti membuat kita tersenyum. Senyum itu baik, tapi jangan hanya tersenyum, tertawa lebih lepas akan membuat kita lebih sehat. Menurut penelitian, tertawa lepas merupakan kunci untuk tetap sehat dan bugar. Tidak masalah apa yang membuat kita tertawa, yang terpenting manfaat kesehatan yang akan kita dapatkan.

Tertawa sebagai Olahraga (Workout with Laugh)
Gerakan saat tertawa merupakan salah satu jenis latihan ringan yang bermanfaat bagi kesehatan. Ketika tertawa akan terjadi peregangan otot pada wajah, meningkatkan denyut nadi dan mempermudah penyebaran oksigen ke jaringan tubuh. Tapi, ini semua bukan alasan bagi kita untuk tertawa saja dan berhenti olahraga. Yang pasti, tertawa dapat membuat jantung kita lebih sehat dan dapat meredakan stres dalam sekejap.

Meredakan Nyeri (Ease The Pain)
Hasil penelitian menyatakan bahwa dihasilkan hormon serotonin dan semcacam senyawa morfin dalam jumlah sedikit ketika kita tertawa. Hal ini menyebabkan tertawa dapat meredakan nyeri dan mengalihkan pikiran negatif kita terhadap penyakit. Inilah yang menyebabkan penyakit cepat sembuh ketika kita sering tertawa.

Manfaat Bagi Kesehatan Mental (Mental Benefits)
Memiliki sikap positif lewat aktivitas tertawa dapat memberi keajaiban ketika kita sedang dalam suasana hati buruk. Tertawa juga bermanfaat bagi otak. Tertawa membantu meringankan beban yang dirasakan saat tertekan karena dirundung masalah. Hal itu karena tertawa melepaskan endorfin, hormon yang memberikan perasaan tenang dan mengurangi kecemasan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami (Increase Immunity)
Tertawa menyebabkan antibodi di dalam tubuh menjadi lebih aktif. Hal ini meyebabkan tubuh menjadi lebih kebal virus seperti flu.  Hal itu karena ketika tertawa, kita meningkatkan oksigen yang dipompa ke seluruh tubuh. Tubuh yang bergoyang saat tertawa juga membantu untuk membersihkan sampah dari organ-organ tubuh, yang juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jadi, sudahkah kita tertawa hari ini? Don’t worry be happy :D

Comments

  1. Kalo kebanyakan ketawa.
    Nti dikira orang gila gimana?

    ReplyDelete
  2. semua yang berlebihan itu tidak baik, seperti minum kalo kebanyakan minum pipis terus, kao parah bisa busung air, kalo kurang minum dehidrasi mati, sama seperti tertawa, kebanyakan tertawa tandanya gila, tidak pernah tertawa nanti stres trus mati, sekian.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bahasa Paling Aneh Sedunia, Bahasa Indonesia

Soto, Makanan dari China yang Sangat Indonesia

"Golden Child" Generasi Baru Manusia Selain Indigo